Kesenangan Rahasia…

RAHASIA-BESAR-para-orang-Kaya-1

Hampir 8 jam gua bekerja, membuat badan kayaknya udah mulai teriak-teriak minta break. Kemudian gua break sejenak dan gak lama gua teringat dengan majalah-majalah yang gua bawa ke kantor. Ya lumayan lah, sambil break sambil cari inspirasi atau info-info menarik.

Dari berbagai majalah yang ada, gua mutusin untuk ambil majalah PROVOKE edisi Oktober 2007. Agak lama ya, hehe… Gua mulai baca-baca, dan seketika gua berhenti pada halaman yang mengelitik jari ini untuk menuangkannya kembali pada tulisan gua ini. Sebelumnya mau izin dulu sama om Dimas Jayasrana, dia adalah penulis dari bahasan yang tulisan gua muat di blog gua ini. Bahasannya amat sangat menarik. Simak yaaa….

Setiap orang tentu memiliki apa yang biasa disebut Guilty Pleasure atau disebut juga KESENANGAN RAHASIA. Sesuatu yang kita lakukan sembunyi-sembunyi, dimana tidak ingin diketahui oleh orang lain, dan cukup memalukan (atau bahkan sangat memalukan) bila orang lain mengetahuinya. Kesenangan rahasia ini dapat muncul karena keinginan dari dalam diri kita atau menemukannya secara tidak sengaja, dipengaruhi orang lain, dan kemudian memberi kita banyak kesenangan.

Bisa jadi, kesenangan rahasia kita ternyata memiliki kesamaan dengan orang lain. Dari kesenangan yang sifatnya individu kemudian beralih menjadi kesenangan kelompok. Dari sifatnya kelompok kecil, mulai merambah menjadi kesenangan masyarakat  umum, hingga akhirnya berhasil menjadi kesenangan satu NEGARA. Dan inilah tahap GAWAT DARURAT.

emergency-721767Mengapa dibilang GAWAT DARURAT ??

Kita ambil 1 contoh. Tayangan infotainment yang selalu menemani kita setiap saat kini menjadi kesenangan bangsa Indonesia. Memang berita-berita di infotainment mengelitik mata dan pikiran ini untuk tahu kenapa artis ini putus sama pacarnya, artis itu cerai, artis ini operasi, artis anu selingkuh, dan banyak hal lainnya. NIKMAT !

Tanpa kita sadar, kumpulan informasi tersebut menggumpal dalam otak kita. Mungkin awalnya kita menganggap serpihan informasi ini hanya angin lalu yang teramat tidak penting. Coba bayangkan apa sih pentingnya seorang artis punya mobil lamborghini ?? Bagi artis tersebut mungkin penting, tapi bagi gua belum tentu penting.

Namun tanpa kita sadar, informasi-informasi gak penting tersebut bisa muncul begitu saja tanpa kontrol sama sekali. Contoh, ketika sobat berbincang dengan seseorang yang ingin membeli sebuah mobil lamborghini, seketika sobat bilang, “beli saja mobil lamborghini seperti yang dimiliki artis anu, keren lho”. Menurut sobat, penting gak sih ???

Pikirkan baik-baik sobat. Hal yang amat tidak penting dan terkadang membuat kita terlihat bodoh disaat kita tidak merasa bodoh bila tidak bisa mengerjakan ulangan matematika. Siapa yang peduli dengan ulangan matematika ketika ada hal lain yang lebih menyenangkan untuk diingat ??

Atau bahkan bisa jadi kita tidak peduli dengan itu semua. Tapi diam-diam kita menyalakan TV dengan volume rendah dan mencoba memperhatikan dengan seksama apa yang sedang terjadi di dunia pergosipan selebritis kita, kemudian menjadi orang yang sangat tahu tentang apa yang terjadi. Kita merasa menjadi orang yang paling update. Paling mengikuti perkembangan zaman. Dan celakanya, kita bangga dengan hal itu.

Beginilah dunia yang halusinatif. informasi ini dibentuk, dikreasi sedemikian rupa sehingga tampi memikat dan seolah faktual. Kita dibujuk atau bahkan tanpa sadar telah dipaksa untuk mempercayainya sebagai sebuah kebenaran yang absolut. DUNIA KIBAL-KIBUL.

gosip

Sumber : Provoke Magazine (Dimas Jayasrana)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s